Sabtu, 26 Maret 2016

60 Fakta Film Harry Potter


1. Alan Rickman (Severus Snape) adalah satu-satunya aktor yang tahu nasib akhir karakter yang dia perankan sebelum pembuatan film terakhir Harry Potter and The Deathly Hallows karena J.K. Rowling yang memberitahukannya sendiri.
2. Tom Felton sebenarnya audisi untuk peran Ron Weasley, loh. Tapi dia malah terpilih untuk berperan sebagai Draco Malfoy.
3. Shirley Handerson, aktris yang berperan sebagai Moaning Myrtle berumur 37 tahun saat pembuatan film ke-2 Harry Potter and The Chamber of Secret. Aktris tertua yang berperan sebagai murid di Hogwarts.
4. Karakter Ron Weasley aslinya sering sekali mengumpat. Tapi pihak penerbit melarang penggunaan kata-kata umpatan karena dirasa tidak pantas untuk pembaca berusia muda. Sering dengar ungkapan "Bloody Hell" si Ron di filmnya?
5. Dalam rekaman audisi untuk mendapatkan peran Ron Weasley, Rupert Grint berbusana seperti guru drama perempuannya. Dia juga menyanyikan lagu rap tentang tokoh Ron Weasley. Lirik pertamanya "Hello, I'm Rupert Grint. I hope you like this and don't think I stink." Kreatif ya?
6. Saat syuting film ketiga Harry Potter and The Prisoner of Azkaban, kantung di jubah seragam Tom Felton dijahit tertutup karena Tom selalu berusaha menyelipkan makanan saat sedang syuting.
7. Saat adegan ciuman Daniel Radcliffe dan Emma Watson di film Harry Potter and the Deathly Hallows, Rupert Grint diminta keluar dari lokasi syuting karena terus tertawa.
8. Salah satu mobil terbang yang digunakan dalam film Harry Potter and The Chamber of Secrets dicuri dari lokasi syuting. Mobil itu ditemukan oleh polisi 7 bulan setelahnya karena laporan dari seorang penelpon misterius.
9. Bekas luka terkenal di dahi Harry Potter yang berbentuk seperti petir telah dibuat oleh tim make up kira-kira 5.800 kali dari seluruh film. Sekitar 2000 kali diaplikasikan langsung di wajah Radcliffe, sisanya di dahi para pemain pengganti.
10. Lilin-lilin yang melayang di Hogwarts dalam film Harry Potter and The Sorcerer's Stone sebelumnya adalah lilin asli yang digantung dengan kawat, tapi diganti menjadi digital setelah beberapa lilin jatuh ke bawah.
11. Di akhir kredit film Harry Potter and The Goblet of Fire ada tulisan "No dragons were harmed in the making of this movie." Emang ada yang nganggep beneran ya? hehehe.
12. Sutradara film ketiga Harry Potter, Alfonso Cuaron memberi tugas essay kepada Golden trio mengenai karakter yang mereka perankan. Hasilnya Emma Watson berhasil membuat 16 halaman essay, Daniel Radcliffe berhasil membuat 1 halaman essay, dan Rupert Grint tidak membuatnya sama sekali.
13. Ada 1.000 botol ramuan di dalam set ruangan yang rupanya adalah sup yang diminum oleh para aktris dan aktor Harry Potter. Rasa kesukaan mereka adalah wortel dan parsley.
14. Tokoh di dalam lukisan-lukisan kastil Hogwarts merupakan kru tim produksi film. Salah satu korbannya yaitu Stuart Craig, si designer production.
15. Desain telinga Dobby yang selalu melipat ke bawah terinspirasi dari seekor anjing bernama Max yang selalu duduk di bawah meja para kru desainer.
16. Aktor pertama yang memerankan Dumbledore adalah Richard Harris. Namun sayangnya, setelah film kedua (Harry Potter and the Chamber of Secrets), beliau menghembuskan napas terakhirnya. Setelah kepergiannya, ia digantikan oleh aktor Michael Gambon yang memerankan Dumbledore sampai serial Harry Potter berakhir. 
17. Pintu brankas Bellatrix di Gringott's Bank benar-benar dibuat dan dirancang khusus oleh tim produksi. Sistem unlock pintu tersebut benar-benar rumit sehingga membutuhkan kerja ekstra dalam pembuatannya.
18. Hedwig diperankan oleh tiga ekor burung hantu yang berbeda selama dilaksanakannya film Harry Potter. Mereka adalah Gizmo, Ook, dan Sprout.
19. Dalam epilog 'Deathly Hallows Part 2', para aktor memainkan karakter mereka di masa depan, menggunakan kombinasi prosthetics gambar komputer dengan efek canggih yang dikombinasikan menyerupai wajah aslinya, seperti dalam film The Curious Case of Benjamin Button.
20. Istri Draco Malfoy (Tom Felton), Ashley Greengrass diperankan oleh pacar Tom Felton di kehidupan nyata, Jade Olivia.
21. 250 hewan non-robot telah digunakan dalam film ini, yang terbesar adalah seekor kuda nil dan yang terkecil adalah kelabang.
22. Pada seri 'Harry Potter and The Deathly Hallows Part 1', film ini menampilkan lagu 'O Children' milik Nick Cave and the Bad Seeds.
23. Lebih dari 600 seragam sekolah dibuat untuk film Harry Potter. Adegan pertempuran di 'Harry Potter and The Deathly Hallows' menjadi adegan dengan jumlah pembuatan seragam terbesar.
24. Lebih dari 25.000 busana telah digunakan sepanjang film Harry Potter.
25. Kacamata Harry Potter telah diganti sebanyak 160 kali.
26. Setiap tongkat di film Harry Potter dibuat di tempat, termasuk tongkat milik Daniel Radcliffe yang sampai berjumlah 60-70 buah karena aus dipakai selama tujuh film terakhir.
27. Sama seperti di buku, tidak ada dua tongkat yang sama, bahkan milik si kembar identik Fred dan George Weasley.
28. Tato yang bisa dilihat di dada Sirius Black diambil dari gangster tahanan di Rusia. Tato itu sendiri mengindikasikan orang yang memilikinya sebagai orang yang harus ditakuti dan dihormati.
29. Di dalam cerita, sebenarnya Harry Potter memiliki mata berwarna hijau seperti ibunya, Lily Potter. Namun di film, Harry Potter bermata biru. Hal ini disebabkan karena warna mata Daniel Radcliffe adalah biru dan ia tidak tahan memakai kontak lens untuk membuat matanya menjadi berwarna hijau.
30. Sutradara Harry Potter and The Goblet of Fire, Mike Newell, lebih menyukai penampilan Filius Flitwick yang lebih muda daripada yang muncul di film pertama.
31. Warna memainkan peran penting dalam novel dan film Harry Potter.
Warna merah mewakili kebaikan dan keberanian.
Hijau sebagian besar terkait dengan peristiwa negatif dan ambisi.
Biru mewakili kebajikan dan ketenangan.
Sementara kuning mewakili kebahagiaan dan loyalitas.
32. Di Harry Potter and The Prisoner of Azkaban, pada adegan dimana Sirius Black kabur menggunakan Buckbeak milik Hagrid adalah merupakan sebuah balas budi dari Hagrid karena Sirius pernah meminjamkan motor terbangnya untuk membawa Harry yang masih bayi ke keluarga Dursley.
33. Pemain pengganti dari Daniel Radcliffe untuk enam film pertama dari Harry Potter mengalami kelumpuhan dalam sebuah insiden di lokasi syuting, saat proses syuting film Harry Potter ketujuh.
34. Daniel Radcliffe memiliki alergi terhadap kacamata dari Harry Potter.
35. Steven Spielberg menolak untuk menyutradai film Harry Potter. Ia mengatakan kalau "Rasanya seperti menarik uang sejumlah milyaran dolar dan memasukkannya ke rekening pribadi anda. Tak ada tantangannya.".
36. Keseluruhan buku seri dari Harry Potter memiliki 199 bab, 4.224 halaman dan 1.090.739 kata dan telah dibuat ke dalam film berdurasi total 19 jam dan 39 menit.
37. Anggaran di film ini diperkirakan mencapai £150,000,000!!
38. Meskipun Radcliffe telah memakai beberapa tongkat, sebagian besar tongkat dibuat secara konsisten dengan panjang sekitar 33-38 cm, seperti di buku. Ini berarti justru karakternya yang tumbuh besar dengan tongkat yang sama selama bertahun-tahun pembuatan film.
39. Tongkat Dumbledore yang berdesain rumit juga tetap sama, padahal dulu perusahaan film dan seluruh dunia tidak tahu bahwa tongkat tersebut merupakan "The Elder Wand".
40. Sewaktu final, ada sekitar 400 orang Death Eaters dan Snatchers bergabung dengan 400 orang guru dan murid Hogwarts yang berkumpul di Aula besar.
41. Yang terlihat di foto sebenarnya hanya sebagian dari 210.000 koin dibuat untuk adegan Bank Gringotts di dua film terakhir.
42. Artefak lainnya yang juga diduplikasi dalam jumlah banyak adalah salah satunya liontin Salazar Slytherin, yang dibuat sampai 40 replika untuk mengakomodasi adegan Harry dan Ron sewaktu berusaha menghancurkannya.
43. 200 makhluk ajaib telah diciptakan untuk seri film Harry Potter, termasuk naga ini. Aragog, sang Acromantula (laba-laba raksasa) yang ditampilkan dalam film kedua, "Harry Potter and The Chamber of Secret", memiliki rentang kaki dari 5,48 meter.
44. Rumah Bill dan Fleur, di mana Harry, Ron, dan Hermione berlindung di film terakhir, 90% dikerjakan di Leavesden Studio dan kemudian dipindahkan ke Fresh Water West di Wales. Rumah tersebut diangkut oleh traktor di sepanjang pantai sebelum dibawa menaiki bukit pasir oleh kru.
45. Lokasi itu menjadi lokasi yang paling sering difoto oleh penggemar.
46. 4.500 keping kerang raksasa dibutuhkan untuk atap pondok, dan bahkan ratusan helai rumput ditanam secara individual ke dalam pasir di bukit sekitarnya. Settingan rumput ini tahan angin pantai berkat 10,9 ton air yang digunakan sebagai beban untuk menahannya.
47. 588 set telah dibuat untuk film Harry Potter - produk dari 58 orang staf Departemen Seni.
48. Banyak set telah diciptakan di lahan Leavesden Studio. 80 hektar studio menyediakan hingga 46.500 meter persegi set panggung. Termasuk juga settingan panggung untuk terbang (sapu di film Harry Potter yang dibuat dari titanium untuk pesawat).
49. Topeng dari Death Eaters-lah yang paling menuntut keterampilan dari para kru. Ini merupakan hasil kolaborasi antara Departemen Seni dan Departemen Properti.
50. Semua topeng Death Eaters diukir oleh tim Departemen Seni dan dicetak langsung ke wajah para aktor selama 2,5 menit sampai mengeras. Kemudian tim Properti menyelesaikannya dengan membuat desain timah secara individual.
51. Adegan Ron dan Hermione di antara puing-puing ini menampilkan hanya sebagian dari 29 ton puing polistiren yang dibawa oleh 5 buah truk yang digunakan dalam film Deathly Hallows.
52. Film Harry Potter and The Deathly Hallows merupakan serial pertama Harry Potter yang dirilis full of 3D.
53. Dalam film Harry Potter and The Order of Phoenix dan Harry Potter and The Half Blood Prince, 3D hanya terdapat dalam beberapa adegan saja.
54. David Holmes, salah satu pemeran pengganti Harry Potter pernah terjatuh di Studio Leavesden di Hertfordshire, Inggris saat sedang latihan terbang. Kecelakaan ini menyebabkan David (yang juga seorang pesenam) mengalami patah tulang punggung.
55. Bagian tubuh Daniel Radcliffe sedikit lecet karena terkena pukulan saat latihan bertarung dengan sebuah tongkat yang ujungnya diberi sarung tinju.
56. Pada bulan Maret 2009, ada insiden yang terjadi di Studio Leavesden. Saat adegan berkelahi sedang dimulai, tiba-tiba set bangunan Hogwarts terbakar. Perlu waktu 40 menit untuk memadamkannya.
57. Ketika kejadian itu, bintang utama seperti Daniel Radcliffe, Emma Watson dan Rupert Grint sedang tidak berada di lokasi tersebut.
58. Rhys Ifans yang memerankan Xenophilus Lovegood (ayah Luna Lovegood) mengaku belum pernah membaca buku Harry Potter ke-7. Ia juga mengaku bukan penggemar Harry Potter.
59. Warwick Davis memerankan 2 tokoh sekaligus dalam film Harry Potter yaitu sebagai Flitwick dan Griphook.
60. Jason Isaacs yang memerankan Lucius Malfoy hampir saja memutuskan untuk berhenti dari perannya sebagai ayah dari Draco Malfoy. Ia kecewa karena tokoh yang diperankannya malah masuk penjara dalam buku ke-5. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar